Skip to main content

Haram Menggunakan Software bajakan

Haram Menggunakan Software bajakan
Haram Menggunakan Software bajakan

Haram Menggunakan Software bajakan

Dalam perkara kedzoliman mengambil harta orang lain secara paksa, apakah dalam hal ini termasuk harta orang kafir, misalnya paling umum dilakukan adalah mendownload aplikasi bajakan, apakah ini termasuk kedzoliman ?

Oleh: Ustadz Khalid Basalamah

Jawabannya Iya, Orang kafirpun tidak boleh didzolimi dan orang kafirpun tidak boleh ditipu, orang kafirpun tidak boleh dibohongi, kalau seorang muslim melakukan itu dan dia tidak sempat bertaubat, maka Allah akan menghukum dia sesuai dengan kadar yang diambil dari orang itu, walaupun orang kafir tidak bermanfaat buat di hari kiamat dan mereka tetap masuk neraka.

Tapi orang muslim yang buat kedzoliman kepada orang kafir tetap akan di hukum oleh Allah sesuai dengan kadar dosanya, misalnya dia mencuri 100 jt ya udah Allah hukum 100 jt, seperti Ia sedang melakukan pelanggaran kepada Allah, karna orang kafir tidak bermanfaat walaupun dikasih pahala.


Jadi tetap tidak boleh, apa yang haram bagi seorang muslim diharamkan juga bagi non muslim hanya saja orang muslim lebih di muliakan. Seperti ada orang muslim butuh bantuan dan orang kafir juga butuh bantuan, maka dahulukanlah orang muslim, tapi bolehkah bantu orang kafir ? Boleh, seperti nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersedekah beberapa belas ekor kambing kepada orang musrik dari belakang Gunung Uhud, jadi tidak ada masalah.

Bahkan dimekkah, banyak orang-orang pada saat itu yang belum mengucapkan syahadat waktu itu, tapi baru menyatakan mau masuk islam, tapi nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam kembalikan harta-harta mereka, menandakan boleh bersedekah kepada orang kafir.

Ini masalah bajakan ini tinggalkan teman-teman, kalau tidak bisa ya sudah jangan paksain, gunakan yang bisa saja. Untuk apa mencari pendapatan halal tetapi dari sesuatu yang haram. Sama dengan seperti ini, rumah tangga yang dimulai dengan zina pasti sering ribut dan kacau, karna pembersihan dosanya. Sama seperti software, anda memulai usaha dengan bajakan-bajakan, itu nanti ada konsekuensi pembersihan dosanya, jangan heran nanti kalau ada pegawai yang menipu, pegawai keluar masuk dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Jika belum sanggup beli aslinya harus sabar, kalau ada duit baru beli dan jangan berdoa kepada Allah, meminta kepada Allah malam hari pada sepertiga malam. Jadi teman-teman nasehatnya adalah sesuatu yang anda tidak suka buat diri anda, maka jangan lakukan itu kepada orang lain. Coba anda pada posisi dibajak, apakan anda mau ? pasti tidak mau, makanya jangan lakukan.

Orang yang melakukan hal ini biasanya karna memaksakan diri diluar kapasitasnya. Jangan paksakan diri teman-teman, lakukanlah sesuatu yang masih dalam kapasitas kita masing-masing. Terlalu berat konsekuensinya dihari kiamat nanti.

Comments

Popular posts from this blog

Bolehkah Sudah Berhijab Syar'i Masih Upload Foto

Bolehkah Sudah Berhijab Syar'i Masih Upload Foto Bolehkah wanita yang sudah berhijab Syar'i atau berniqab posting foto di MedSos dengan tujuan ingin mencontohkan kepada muslimah yang belum berhijab bahwa berhijab Syar'i itu tidak ribet dan masih bisa beraktifitas ? Oleh : Ustadz Syafiq Riza Basalamah, MA Allahuakbar, Jama'ah... Bagi wanita-wanita ini pertama perempuan ini ingin dipuji, perempuan itu suka disanjung, perempuan itu suka dengan penampilan makanya kadangkala yang sudah hijab Syar'i pun masih selfie, masih macem-macem. Allahuakbar... Nasehatnya adalah hindari, kalau engkau ingin memberikan nasehat bahwasannya hijab Syar'i itu tidak ribet, ya mungkin dengan cara yang lain. Karna di Medsos ini yang menikmati bukan hanya akhwat/perempuan, yang menikmati medsos semua kalangan. Kalau hanya untuk akhwat mungkin ahlan wa sahlan/silahkan tidak masalah, tapi kalau untuk semuanya ga mungkin jama'ah sekalian, sehingga wajahnya dinikmati oleh

Musik Itu Haram Hukumnya

Musik Itu Haram Hukumnya Musik Itu Haram Hukumnya Pertanyaan : Ustadz tolong beritahukan saya hukum orang yang mendengarkan musik, baik dalam Al-Quran ataupu Hadits, saya benar-benar masih sangat sulit menghilangkan musik dalam hidup saya terutama saat saya merasa sangat jenuh. Tolong diberitahukan agar saya bisa menjauhi musik ! Jawaban : Ust. Khalid Basalamah Pertama sekali teman-teman kita bicara alat musik, musik itu disumpahi dan bersumpah padanya dalam sebuah ayat Abdullah bin Mas'ud R.A. ayat Al-Quran yang artinya "sebagian orang ada yang memperjual belikan perkataan-perkataan untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah". Maka Ibnu Mas'ud mengatakan ini adalah demi Allah musik, sahabat nabi pada zaman dahulu belum terlalu canggih seperti saat kita sekarang, alat-alat musik sudah ada waktu itu terkenal di Persia dan Romawi tapi mereka sama sekali sudah tahu dan mereka mengatakan ini adalah musik. Baca Juga : Bolehkah Sudah Berhijab Syar'i Masi

Kenapa Allah Menciptakan Dajjal ?

Kenapa Allah Menciptakan Dajjal  Kenapa Allah Menciptakan Dajjal ? Oleh : Dr. Zakir Naik Banyak Hadist yang membicarakan tentang Dajjal, bahwa sebelum kiamat Dajjal akan datang dan kenapa Dajjal diberikan kekuatan untuk menguasai dunia. Singkatnya adalah Tuhan ingin menguji kita. Kau bertanya kenapa tuhan memberikan kekuatan kepada setan dan kau tahu setan itu kuat ? Namun itu tidak ada apa apanya dibandingkan Allah subhanahu wa ta'ala. Tapi ketika iblis meminta kepada Allah subhanahu wa ta'ala disurat Al - Baqarah "Tolong berikan aku penangguhan" yang artinya dia ingin azabnya ditunda, jika kau menundanya aku akan menyesatkan orang-orang yang mengikuti-Mu. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman "Aku memberimu penangguhan, kau pikir kau hebat ? Kau tidak akan bisa menyesatkan para pengikut-Ku. Kau bisa sesatkan yang bukan pengikut-Ku". Baca Juga : Bolehkah Sudah Berhijab Syar'i Masih Upload Foto ? Jadi begitu juga dengan hidup