Skip to main content

Bahaya Hutang Dalam Islam

Bahaya Hutang Dalam Islam
Bahaya Hutang Dalam Islam

Bahaya Hutang Dalam Islam

Pertanyaan : Apakah hutang di dunia menghambat seseorang masuk ke surga, kalau belum sempat terbayar ?

Oleh : Ustadz Khalid Basalamah

Jawaban :

Tentunya ini nantinya akan dihisab ditimbangan, hutang-hutangnya nanti akan dibayar dengan pahalanya. Masalah menghambat masuk surga, dilihat hasil timbangannya, jika setelah utang tersebut timbangan amalnya berkurang, maka Ia masuk neraka dulu. Makanya hutang-hutang itu harus diselesaikan, dan ingat "jangan buka pintu hutang", kita saat ini dililit oleh hutang secara sengaja hingga dibuat program hutang itu. Hutang rumah, hutang motor dan hutang mobil itu semua tidak boleh dalam islam kecuali ada udzur-nya.

Karna hutang itu adalah bagian dari pelanggaran, kalau orang punya kemampuan. Ada orang yang mampu, kaya raya tapi semuanya dicicil, kenapa harus dicicil? gak boleh buka pintu hutang, ini berbahaya sekali. Kata nabi Muhammad "Orang mati syahid-pun diampuni dosanya kecuali hutangnya". Dalam hadits lain dikatakan "Ruh seorang mukmin bergantung antara langit dan bumi selama hutangnya masih belum dibayar", berat sekali perkara hutang ini teman-teman.


Lalu apa sebabnya hutang, ternyata hutang itu disebabkan oleh dua hal :
1. Orang ini malas kerja.
2. Mau melampaui kapasitasnya.

Kalau belum saatnya antum punya rumah sendiri, sewa atau kontrak gak masalah, bukan aib itu teman-teman. Tapi kita paksakan diri, "owh, gak kenapa-kenapa. Sayakan bisa bayar tiap bulan". Baiklah, kalau antum meninggal sebelum selesai, inikan bahaya, jadi masalah, atau terlambat kena bunga atau denda jadinya riba dan terbuka dosa-dosa jadi tidak halal semuanya. Untuk apa kita paksakan diri teman-teman, jangan paksakan diri melampaui kapasitas, itu tidak boleh sebenarnya.

jangan dipaksakan, kita mampunya naik sepeda ya naik sepeda jangan naik motor, apa yang kita mampu saja lalu berdoa kepada Allah dan berikhtiar. Menabung lalu sudah cukup uangnya, lebih baik beli cash lebih aman. Juga teman-teman yang sedang sibuk dengan kartu kredit, saya sarankan berhentikan teman-teman, jika antum bilang ini 0%, baiklah 0% sekarang setelah itu, kalau antum telat membayar kena bunga gak? kena bunga, ya mungkin cuma 50 ribu dan antum mampu bayar. Baiklah satu dirham riba lebih baik dari 36 kali berzina, jadi untuk apa itu teman-teman, lebih baik ditutup karna itu akan membuka pintu hutang.


Hutang itu tidak boleh, sampai nabi Muhammad mengatakan "Orang yang menunda pembayaran hutang dan Ia mampu membayar termasuk kedholiman (dosa besar)". Lalu untuk apa buka ini teman-teman, lebih baik sabar kumpulkan uang cash lalu beli. Ini penting sekali, kita hanya boleh buka pintu hutang kalau darurat sekali. Contohnya seperti orang gak bisa makan kecuali harus hutang atau misalnya dia mau berbuat suatu amal soleh dia tau dia bayar lalu dia hutang, seperti orang mau akikah anaknya atau orang mau idul adha mau qurban, dia tau akhir bulan dia akan terima gaji karna dia bisa bayar saat terima gaji itu tidak ada masalah.

Tapi kalau orang yang tidak jelas, bagaimana ? Nabi Muhammad mengatakan "Siapa yang sengaja hutang dan dia niat tidak mau membayar dari awal maka Allah akan sulit dia membayarnya dan siapa yang hutang dari awal dia niat mau membayarnya maka Allah mudahkan Ia membayarnya"

Comments

  1. HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR HAPPY NEW YEAR
    DARI-rossastanleyloancompany

    Apakah Anda membutuhkan kredit yang urg?

    Sangat Cepat dan Transfer Instan ke rekening bank anda
    Bayar kembali bulan setelah Anda
    akun bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pengembalian jangka panjang (1-30) Panjang
    * Pinjaman fleksibel dan gaji bulanan
    *. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membiayai? Setelah mengajukan pinjaman
    Anda mungkin mengharapkan jawaban kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 48 Jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
    Dari kru Di perusahaan pinjaman ROSSA STANLEY, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang menyediakan fasilitas pinjaman mudah untuk tulus, korporat, legal dan publik dengan tingkat bunga 2%. Kami memiliki akses ke koleksi uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli sedikit atau besar, kami memiliki uang tunai. Yakinlah yang kesejahteraan dan Kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, di sini kami di sini untuk mengurus Anda.

    Hubungi perusahaan pinjaman yang sah dan dapat dipercaya dengan track record layanan yang memberikan kebebasan finansial kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.
    Untuk informasi lebih lanjut dan pinjaman yang meminta untuk bisnis anda, belilah rumah, beli mobil, liburan, hubungi kami via,

    E-mail Resmi: rossastanleyloancompany@gmail.com
    Instagram resmi: Rossamikefavor
    Twitter resmi: Rossastanlyloan
    Official Facebook: rossa stanley favor
    CSN: +12133153118
    untuk respon cepat dan cepat.
    Silahkan mengisi aplikasi di bawah ini dan kami akan memanggil Anda lagi, Kami tersedia 24/7

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:

    2) Negara:

    3) Alamat:

    4) Jenis Kelamin:

    5) Status Perkawinan:

    6) Pekerjaan:

    7) Nomor Telepon:

    8) posisi saat bekerja:

    9) Penghasilan:

    10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:

    11) Durasi Pinjaman:

    12) nama facebook:

    13) nomor Whatsapp:

    14) Agama:

    15) Tanggal lahir:

    SALAM,
    Mrs.Rossa Stanley Favor
    ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
    Email rossastanleyloancompany@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bolehkah Sudah Berhijab Syar'i Masih Upload Foto

Bolehkah Sudah Berhijab Syar'i Masih Upload Foto Bolehkah wanita yang sudah berhijab Syar'i atau berniqab posting foto di MedSos dengan tujuan ingin mencontohkan kepada muslimah yang belum berhijab bahwa berhijab Syar'i itu tidak ribet dan masih bisa beraktifitas ? Oleh : Ustadz Syafiq Riza Basalamah, MA Allahuakbar, Jama'ah... Bagi wanita-wanita ini pertama perempuan ini ingin dipuji, perempuan itu suka disanjung, perempuan itu suka dengan penampilan makanya kadangkala yang sudah hijab Syar'i pun masih selfie, masih macem-macem. Allahuakbar... Nasehatnya adalah hindari, kalau engkau ingin memberikan nasehat bahwasannya hijab Syar'i itu tidak ribet, ya mungkin dengan cara yang lain. Karna di Medsos ini yang menikmati bukan hanya akhwat/perempuan, yang menikmati medsos semua kalangan. Kalau hanya untuk akhwat mungkin ahlan wa sahlan/silahkan tidak masalah, tapi kalau untuk semuanya ga mungkin jama'ah sekalian, sehingga wajahnya dinikmati oleh

Musik Itu Haram Hukumnya

Musik Itu Haram Hukumnya Musik Itu Haram Hukumnya Pertanyaan : Ustadz tolong beritahukan saya hukum orang yang mendengarkan musik, baik dalam Al-Quran ataupu Hadits, saya benar-benar masih sangat sulit menghilangkan musik dalam hidup saya terutama saat saya merasa sangat jenuh. Tolong diberitahukan agar saya bisa menjauhi musik ! Jawaban : Ust. Khalid Basalamah Pertama sekali teman-teman kita bicara alat musik, musik itu disumpahi dan bersumpah padanya dalam sebuah ayat Abdullah bin Mas'ud R.A. ayat Al-Quran yang artinya "sebagian orang ada yang memperjual belikan perkataan-perkataan untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah". Maka Ibnu Mas'ud mengatakan ini adalah demi Allah musik, sahabat nabi pada zaman dahulu belum terlalu canggih seperti saat kita sekarang, alat-alat musik sudah ada waktu itu terkenal di Persia dan Romawi tapi mereka sama sekali sudah tahu dan mereka mengatakan ini adalah musik. Baca Juga : Bolehkah Sudah Berhijab Syar'i Masi

Kenapa Allah Menciptakan Dajjal ?

Kenapa Allah Menciptakan Dajjal  Kenapa Allah Menciptakan Dajjal ? Oleh : Dr. Zakir Naik Banyak Hadist yang membicarakan tentang Dajjal, bahwa sebelum kiamat Dajjal akan datang dan kenapa Dajjal diberikan kekuatan untuk menguasai dunia. Singkatnya adalah Tuhan ingin menguji kita. Kau bertanya kenapa tuhan memberikan kekuatan kepada setan dan kau tahu setan itu kuat ? Namun itu tidak ada apa apanya dibandingkan Allah subhanahu wa ta'ala. Tapi ketika iblis meminta kepada Allah subhanahu wa ta'ala disurat Al - Baqarah "Tolong berikan aku penangguhan" yang artinya dia ingin azabnya ditunda, jika kau menundanya aku akan menyesatkan orang-orang yang mengikuti-Mu. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman "Aku memberimu penangguhan, kau pikir kau hebat ? Kau tidak akan bisa menyesatkan para pengikut-Ku. Kau bisa sesatkan yang bukan pengikut-Ku". Baca Juga : Bolehkah Sudah Berhijab Syar'i Masih Upload Foto ? Jadi begitu juga dengan hidup